BASIC COURTESY IN BUSINESS
Kualitas hidup anda tergantung dengan kemampuan komunikasi anda, jadi asahlah kemampuan komunikasi anda!
Seorang komunikator itu tidak harus berparas tampan dan cantik, tetapi harus menarik. Sehingga mampu mempengaruhi pikiran bawah sadar lawan bicaranya.
Komunikator yang baik mempunyai 3 elemen penting dalam berkomunikasi, yaitu:
- Kata-kata: Di dalam komunikasi kata-kata atau lebih tepatnya konten kata-kata tersebut hanya berperan 7%. Gunakan kata-kata yang tepat untuk berbicara dengan lawan bicara anda
- Intonasi: Intonasi berperan sekitar 38% dalam dunia komunikasi. Intonasi terbagi menjadi nada suara, tempo bicara, dan power suara. Gunakan nada, tempo, dan power suara anda sesuai dengan situasi kondisi pembicaraan anda
- Fisiologi: Fisiologi terbagi menjadi menjadi dua bagian yaitu bahasa tubuh & ekspresi wajah. Hal tersebut sangat berperan penting dalam berkomunikasi. Sekitar 55% fisiologi berperan di komunikasi. Jadi tunjang kata-kata dan intonasi anda dengan fisiologi jika ingin komunikasi anda lancar dengan lawan bicara anda
Dan tak ketinggalan pun ada 2 hal penting tehnik dalam berkomunikasi adalah
- PACING: Tehnik menselaraskan diri kepada audience yang berfungsi untuk meningkatkan sensifitas fasilitator:
- Samakan fisiologis ( menyamakan gerak tubuh dan pakaian)
- Samakan intonasi suara
- Samakan kata-kata dengan latar belakang/pendidikan (bahasa anak-anak,bahasa gaul,bahasa canggih,bahasa daerah)
-Tujuan dilakukan pacing adalah untuk membangun kepercayaan lawan bicara
- LEADING: Tehnik yang dilakukan setelah menggunakan pacing yang berfungsi untuk mengajak atau mempengaruhi pikiran audience. Dilakukan dengan cara mengarahkan dan memimpin pembicaraan
PENAMPILAN & EMPATI
- Penampilan sangat mempengaruhi penilaian status dan pendapatan
- Empati adalah ikut merasakan apa yang lawan bicara rasakan. Setelah itu pacing dan leading
- Persiapan
- Perkenalan
- Pertemuan atau Rapat
- BERPAMITAN
- PENGGUNAAN ALAT KOMUNIKASI
Dalam berkomunikasi baik dengan telefon, chatting, atau bahkan email gunakan bahasa yang mudah dimengerti, jangan gunakan bahasa alay dan bangsanya, Karena itu sangat sulit dimengerti
Ingat! jangan gunakan bahasa alay dalam berkomunikasi
Sekian ulasan tentang Basic Courtesy of Business
( Miss Lily). Lebih kurangnya kami mohon maaf,
terimakasih sudah mampir, thankyouu!
-UMARUSMAN008-
0 komentar:
Posting Komentar
Welcome Interpreneurs... :)