Slide # 1

Business Trip

Busines Trip adalah salah satu kegiatan dari kampus bisnis Umar Usman. Selengkapnya Klik Gambar ini

Slide # 2

Kesultanan Cirebon

Selain di Batik Trusmi, kita juga berkunjung di Kesultanan Cirebon lho. pingin tahu ada apa aja di sana!! Yuk klik gambar ini

Slide # 3

Kampus Bisnis

Mau cari kampus bisnis yang keren. bahkan 70% Praktek + 30% teori. Disini Tempatnya!! Yuk Klik gambar ini

Slide # 4

Dompet Dhuafa

Dibalik kemajuan Dompet Dhuafa ada orang yang hebat. siapa dia..!! Yuk Langsung Klik Gambar ini

Slide # 5

Military Camp

Dibalik kesuksesan pati ada perjuangan yg keras. oleh karena itu diadakan Military Camp ini. Yuk simak dengan klik gambar ini

Jumat, 16 Oktober 2015

manisnya si gerilya marketing



Tidak ada definisi secara definitive, hanya saja bisa di artikan sebagai " how you can face and touch people real time". mungkin pendekatan sederhana nya adalah "direct selling" namun stategy yang di pakai adalah "undergroun" dan "sapu bersih", mengadopsi konsep perang gerilya secara harafiah.

kenapa gerilya marketing ?
1. sebagian besar orang butuh "kehadiran", walaupun perkembangan dunia digital sudah menghapuskan sekat kehadiran.tapi tidak bisa dipungkiri manusia sebagai mahkluk sosial dia butuh kehadiran sosok lain dalam hidupnya. kehadiran nantinya akan menciptakan respectness kepada orang lain.
2. sebagian besar orang butuh "real service", semua orang pada dasarnya ingin dilayani, diberi kemudahan, difasilitasi, dan diperlakukan dengan baik.
3. tepat sasaran. gerilya marketing menuntut terlebih dahulu terhadap riset cluster yang akan di undergroundkan lalu semua sasaran disapu bersih

jenis gerilya marketing :
1. cluster to cluster di dunia nyata
2. cluster to cluster di dunia maya, lewat media sosial berbasis chat seperti BBM, WA, LINE dengan teknik silaturahmi dan teknik "anak alay"

bagaimana cara memulainya :
1. cluster teman/ link terdekat anda
2. buat editorial "marketing words" dan cluster menurut jenis kelamin ( karena tiap rentang usia harus dibedakan bahasanya).
3. buat markerting tools ( hard copy) seperti : brosur, leaflet

marketing tools (hard copy) tips :
1. buat marketing tools yang fungsional misalnya ada kalender dibelakangnya
2. gunakan font yang jelas
3. gunakan warna dengan gelombang yang panjang atau norak sekalian
4. hindari pembuatan marketing tools yang dimungkinkan untuk dilipat karena ukuran terlalu besar biasanya akan dilipat dan berakhir ditempat sampah
5. ajak orang untuk bergabung (tidak hanya pembeli putus) yaitu dengan sistem reseller. dropshipper
6. pastikan ada gambar produk yang jelas dan besarnya mendominasi content marketing tools ( 30% dari total lebar kertas)
7. hindari penggunaan kata terlalu banyak, buat kata-kata yang "curious" sehingga target akan dengan sendiri termobilisasi untuk mengontak kita secara langsung
8. buat penawaran harga menarik ( sistem harga promo, harga coret, dan harga reseller)

cluster stategy :
1. cluster BBM friend anda (biasanya sudah tercluster dengan sendirinya, cluster temen TK, SD, SMP, SMA, kuliah dll)
2. cluster lingkungan sosial terdekat seperti tetangga  RT RW, temen ibu -ibu pengajian, arisan
3. cluster lingkungan sekunder yang masih menjadi daily routine : ibu ibu orang tua murid yang biasa antar jemput anak, genk motor, temen temen mahasiswa
4. cluster lingkungan tersier : grup temen temen TK, SD, SMP, SMA
5. cluster lingkungan tertarget : komplek "x" yang berjarak 500 m dari tempat produksi, sekolah "y" yang berjarak 1 km dari toko
6. mulai dari medsos berbasis chat lalu ke lingkungan sosial terdekat dan seterusnya

gerlya BBM
1. tidak menganjurkan untuk merketing by BM kecuali untuk introducing product
2. focus ; mengotori recent update dengan asusmsi orang orang yang buka RU adalah active user dengan ganti ganti status dan foto
3. gunakan metode silaturahmi chat
4. gunakan metode  " alay"
5. premium time ( jam 7-9 sebelum masuk kantor, jam 5-7 jam pulang kantor

gerilya lingkungan sosial terdekat
1. beri sample
2. tawarkan kerjasama ( reseller/ dropshipper

gerilya cluster
1. fokus di 1 cluster / blok per sekali gerilya survey terlebih dahulu dan make sure bahwa semua tertarget ( misal 1 cluster ada 20 kk, 1 kompleks ada 10 blok, baru pindah ke cluster berikutnya
2. ATM stategy marketing sedot WC (make sure bahwa marketing tools kita terlihat sistem gantung, jadi brosur atau leaflet yang kita buat di wrap dengan plastik dan di beri tali agar bisa di gantung di pagar
3. jika bisa face to face ke target itu lebih baik. ( waktu premium jam 9-10 ibu ibu free time, atau jam 3-5 ibu ibu ngerumpi diluar rumah)

gerilya komunitas ( sekolah, kampus)
1. sekolah
beri sample untuk bundanya tapi ditujukan ke anak, beri leaflet ke bundanya
2. kampus
tawarkan peluang usaha ( dropshipper atau reseller tanpa modal) karena mahasiswa pada dasarnya butuh tambahan uang jajan.


semoga bermanfaat, take action !!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Welcome Interpreneurs... :)